3 Kunci Sukses Pengusaha Maicih

Semua orang bisa membuat keripik pedas. Kemasannya pun tak jauh berbeda satu sama lain. Namun mengapa hanya keripik pedas Maicih yang paling terkenal di masyarakat?
keripik maicih


Reaz Nurhilman atau biasa disebut Axl adalah seorang anak muda dengan jiwa enterpreneur tinggi. Cerita awal dia membuat keripik maicih saat seorang nenek mempunyai resep keripik dari bahan singkong yang rasa pedasnya di atas batas wajar

Pada bulan Juni 2010, Reza memutuskan untuk mengambil alih dan mengelola home industry milik si nenek. Kemudian di awal 2011, Reza menempuh langkah serius untuk berbisnis keripik pedas dengan mendirikan CV 29 Synergi di Bandung.

Jika anda amati secara sekilas, mungkin terkesan mudah untuk mempromosikan produk makanan ringan di jejaring sosial Twitter. Dengan hanya ngetweet, Reza bisa membuat banyak orang berbondong bondong membeli produknya. Namun dibalik itu sebenarnya ia bekerja keras untuk menerapkan strategi yang krusial dalam pengembangan bisnisnya. Berikut adalah kunci sukses bisnis Maicih ini

1. Eksklusivitas
Suatu produk bisa dikatakan eksklusif jika produk tersebut hanya dapat diperoleh ditempat-tempat tertentu. Inilah strategi yang diterapkan oleh Reza dalam menjual keripiknya. Ia dengan sengaja tidak memajang keripik pedas buatannya di gerai-gerai yang bisa dikunjungi di masyarakat luas

Ia justru membuat produknya sedemikian eksklusif sehingga orang makin ingin tahu dengan menjualnya pada sebuah reseller yang ia sebut "Jendral". Para jendral ini tidak menjajakan keripik pedas di tempat-tempat yang mapan tetapi berkeliling dengan menggunakan mobil. . Tehnik penjualan ini sangat unik dan memicu keingintahuan konsumen potensial karena lokasi penjualan keripik Maicih berubah-ubah setiap hari.

2. Keterbukaaan
Kunci sukses keripik pedas Maicih ialah penerapan prinsip keterbukaan saat berhadapan dengan konsumennya. Dengan menggunakan Twitter Reza tak perlu menganggarkan biaya promosi yang tinggi. Yang terpenting, ia bisa berinteraksi langsung dengan para konsumen serta menerima masukan dari mereke

Keterbukaan inilah yang menjadi kekuatan bagi usaha kecil seperti keripik Maicih. Tak semua perusahaan bisa dengan baik menerapkan poin ini. Apalagi jika perusahaan itu sudah berskala besar

3. Kreativitas
Keripik pedas bukan suatu jenis produk yang sulit dibuat dan ditiru orang. Bahan baku bisa didapat dengan mudah. Cara pengolahannya pun semua orang bisa jika mereka mau.
reza nurhilman


Karena itulah Reza harus menggunakan kreativitasnya agar produk yang biasa-biasa saja menjadi unik dan menjadi ciri khas dari Maicih. Akhirnya ia pun menggunakan sistem level untuk menunjukan tingkat rasa pedas pada keripiknya dan sistem itu menjadi pembeda yang kreatif dan efektif

Artikel Terkait

Previous
Next Post »