Cara Mendapatkan Pengikut Yang Banyak di Sosial Media

Cara mendapatkan pengikut yang banyak di sosial media
bisnis media

Jika Anda ingin sukses berjualan atau mengkampanyekan informasi tertentu di situs jejaring sosial, Anda harus mengajak follower Anda merasa ‘terlibat’ dulu dengan konten yang Anda berikan. Kuncinya adalah bagaimana mendapatkan sebanyak mungkin keterlibatan, entah itu berupa Like, komentar atau share.

ShortStack membuat Infographic tentang 10 tips singkat dan sederhana yang dapat dilakukan agar update status terlihat lebih menarik. Berikut tipsnya, sebagaimana dikutip dari liputan6.com

1. Pancing dengan fakta menarik
Jika Anda ingin men-share sebuah postingan blog atau artikel, buatlah sebuah update status dengan fakta atau pernyataan yang menarik. Ini akan membangkitkan rasa penasaran orang lain dan mendorong mereka untuk meng-klik link tersebut.

2. Berbagi tips
Jika Anda ingin berbagi tips melalui update status, mulailah posting dengan menambahkan kata tips di awal pesan. Ini akan membuat status update Anda terasa bermanfaat bagi orang lain. Teknik yang sama juga bisa digunakan ketika ingin sharing data statistik.

3. Tambahkan komentar
Jangan ragu-ragu untuk menambahkan komentar atau dukungan saat Anda men-share atau me-retweet (RT) konten orang lain. Menambahkan kata-kata seperti ‘wah keren’, dapat mengubah reaksi orang lain terhadap sebuah postingan.

4. Jangan selalu mengharapkan umpan balik
Wajar-wajar saja jika Anda menginginkan orang lain merespons update status yang Anda buat. Namun, jangan terus menerus berharap orang lain akan memberikan umpan balik pada setiap update status yang Anda posting. Beda halnya jika Anda artis karena sudah punya fan base yang kuat.

5. Aksi Inspirasi
Katakanlah Anda ingin memposting sebuah foto yang menarik karena menginspirasi banyak orang. Agar update status terlihat menarik, cobalah minta follower Anda untuk membantu menyebarkannya foto itu lewat Pinterest, Path atau layanan lainnya.

6. Sampaikan isi pesan kontennya
Tips ini bagus diterapkan jika Anda ingin mem-posting video atau link sebuah artikel blog. Sampaikan kepada user/follower berapa lama durasi video tersebut, topiknya, atau tentang apa link yang Anda share tersebut.

7. Tambahkan ‘NB’
Dalam email marketing, menambahkan kata Notabene atau yang biasa disingkat NB pada akhir email adalah salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian pembaca. Coba gunakan pada beberapa update status Anda dan bandingkan responsnya dengan postingan status tanpa NB.

8. Gunakan URL Pendek
Daripada meng-copy paste URL yang panjang ke dalam update status, sebaiknya gunakan tools pemendek URL (short link) seperti bitly agar postingan Anda tidak dipenuhi link saja. Semakin pendek sebuah link akan semakin baik karena lebih hemat karakter.

9. Padukan Gambar dengan Teks
Agar update status lebih menarik, coba padukan gambar dan teks sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih ‘bunyi’. Anda bisa menggunakan tools foto editing jika ingin menambahkan teks pada gambar yang Anda posting.

10. Minta orang lain berkomentar
Jangan hanya memposting status saja satu arah saja. Agar orang lain merasa terlibat, sesekali tanyakan pendapat mereka terhadap informasi yang Anda sharing.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »