Cara Mencontek Disaat Kamu Sedang Belajar Atau Ujian


            Musim ujian telah tiba! Waktunya belajar keras.  Namun, bagi beberapa pihak, belajar keras tidaklah cukup membuat mereka percaya diri. Mereka-mereka inilah yang kemudian beralih kecara menyontek.
            Tujuan kami membuat artikel ini bukan untuk mengajarkan kepada anak sekolah care mancontek yang baik dan benar melainkan bertujuan untuk :
                    Buat pengawas ujian dan para guru : supaya mereka baca tulisan ini dan tahu trik-trik mencontek anak jaman sekarang pintar sekali dan tak terlihat dengan kilasan mata, sehingga mereka bisa mengantisipasi kejadian ‘mencontek’ ini
                    Buat peserta ujian dan anak sekolah : supaya mereka membaca tulisan ini dan tahu bahwa para guru dan pengawas ujian bisa tahu cara anak muridnya mencontek sehingga mereka bisa mengantisipasi dengan mencari sendiri (ingat! Bukan kami yang mengajarkannya!)

Definisi Mencontek

Berikut ini adalah persiapan sebelum mencontek yang sangat vital untuk diperhatikan :
      Harus terlihat tenang
-        Harus terlihat seakan-akan sudah menguasai materi yang dipermasalahkan
-        Usaha untuk bisa membaca situasi seperti gerak-gerik pengawas
-        Usahakan agar sudah menguasai metode mencontek yang akan dipergunakan dengan sempurna
-        Kalau bisa, datangi tempat dimana ujian akan dilaksanakan, dan pelajari tata letak ruangannya,                seperti  posisi cermin, letak jendela, meja pengawas, teman sekitar, dsb
-        Hafalkan kode-kodean yang akan diterima dari teman yang diajak kerjasama, jangan sampai salah           informasi karena akan berakibat fatal.
-       Bersiap untuk keadaan terburuk apabila ketahuan, seperti mendapat 0 atau bahkan dikeluarkan dari           sekolah

Pembagian Mencontek

Metode nyontek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu dengan usaha sendiri dan kerja sama :

-        Usaha sendiri adalah dengan buka catatan kaki sendiri, buka buku, atau dengan alat bantu lain                seperti kertas kecil, coret-coretan ditangan, dll
-         Kerja sama adalah dengan cara meminta jawaban dari orang lain, dengan kode-kode yang                       sebelumnya sudah disepakati dan direncanakan terlebih dahulu.

Usaha Sendiri
          Mencontek dengan usaha sendiri membutuhkan banyak persiapan. Sebelumnya perhatikan dulu barang-barang yang kamu kenakan. Banyak lho barang-barang yang bisa digunakan sebagai upaya untuk mencontek :
1.       Didalam topi bisa dibuat tempat penyimpanan sesuatu, seperti kertas dan lainnya
2.       Dibalik kerah baju
3.       Dibawah jam tangan (selipkan secarik kertas yang berisikan rumus matematika)
4.       Diselipan kaos kaki
Selain itu, bahan dasar tambahan yang dibutuhkan untuk mencontek antara lain :
1.       Kertas kecil
2.       Alat tulis (gunakan warna yang mudah dibaca, tapi sulit dilihat orang, contoh : abu-abu, coklat, dsb)
3.       Buku atau alat bantu seperti kalkulator dsb
Beberapa alat-alat sekolah atau yang biasa kita pakai untuk melengkapi seragam sekolah ini juga ampuh untuk sebagai daya untuk membuat contekan.


1.       Jam Tangan
Ini sangat efektif karena pengawas selalu membolehkan pelajar untuk mengenakan jam tangan. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan menyelipkan kertas ke bagian bawah jam tangan sebelah dalam

2.       Pulpen
ini juga sangat popular karena rata-rata pelajar memiliki pulpen (ada sih beberapa yang malah minjem, hihihi) yang bisa dibuka tutup bagian belakang/ depannya. Kamu hanya perlu memelintir kertas menjadi seperti rokok kecil dan memasukan kedalam pulpen

3.       Penghapus
rata –rata penghapus memiliki kertas karton yang mengelilingi karetnya, biasanya sih logo atau merk si penghapus tersebut. Kamu bisa menyelipka kertas kedalam celah antara karton dan karetnya dengan cukup mudah. Atau dengan cara kamu memotong penghapus menjadi dua dan membuang bagian dalamnya, lalu kamu isikan secarik kertas kedalam si penghapus tersebut. Untuk kembali menutupnya? Kamu pakai akal sendiri ya hehehe. Pastinya, pengawas selalu membolehkan penggunaan penghapus

4.       Rautan
carilah rautan yang ada tutupnya, sehingga kamu bisa membuka tutupnya dan memasukan kertas kedalam rautan itu. Usahakan rautannya terlihat sebisa mungkin dan sekecil mungkin agar tidak menarik perhatian pengawas

5.       Kotak Pensil
Terus terang kami tidak suka dengan cara ini karena sangat amatir dan mudah ketahuan. Dengan teknik ini, kamu hanya perlu memasukan kertas/kalkulator/handphone kedalam kotak pensil. Pengawas ulangan jaman sekarang biasanya mengharamkan kotak pensil untuk berada diatas meja

6.       Rok Wanita
Disetiap rok selalu ada lipatan kecil dibagian bawah sebelah dalam. Selipkan kertas disana dan apabila ingin menggunakan, tariklah roknya kearah kamu dan keluarkan kertasnya.
PERHATIAN : cara ini akan sangat mengundang tatapan mata birai para pria disekitar anda, jadi BERHATI-HATILAH dan pastikan TIDAK ADA MATA MEMANDANG. Dan apabila kamu seorang pria, tidak disarankan menggunakan metode ini. Karena sebelum ujian dimulai pun kamu sudah akan diusir pulang kerumah untuk ganti celana.

7.       Kaos Kaki
Metode ini juga bisa digunakan, walaupun agak susah karena kamu perlu banyak bergerak untuk mengeluarkan kertas dari kaus kaki, sehingga gerak-gerik kamu menarik perhatian pengawas

8.       SMS
Teknik ini sempat sangat popular pada akhir ajaran tahun 2000-an ketika saat itu penggunaan handphone belum terlalu meluas. Para siswa gencar bertukaran jawaban dengan handphone mereka, dan para pengawas tampaknya belum terlalu peduli dengan hal itu, sehingga para siswa bisa leluasa
bertukar jawaban.

9.       Pura-Pura ke WC
Jika kamu diperbolehkan ke WC, kamu bisa mempersiapkan beberapa contekan atau bahkan buku didalam  bilik WC. Simpan ditempat yang tidak mudah dilihat, seperti diselipkan diatas bilik WC buat buang air besar. Siapkan dulu beberapa pertanyaan yang mau dicontek jawabannya, sehingga kamu cuma perlu pergi ke WC sekali saja dan langsung mendapatkan semua  jawaban yang dibutuhkanmu. Karena rata-rata dalam ujian, cuma diperbolehkan pergi ke wc sekali saja.

10.    Buku
Cara ini adalah yang paling barbar menurut kita. Karena saking terlalu malasnya untuk membuat contekan kecil sendiri, mendingan langsung aja nyontek ke buku. Ketegangannya lumayan tinggi. Tapi, kita punya tipsnya nih :

1.       Sebelum ulangan dimulai, buku udah siap keadaan terbuka dan ditandain dengan lipetan halaman-           halaman yang sekiranya penting. Poin-poin yang kayaknya penting juga bagusnya ditandain pake           stabile biar bisa langsung liat isi buku tersebut. Sebaiknya buku dimasukkan sedalam mungkin               kedalam laci.
2.       Kalau ‘jasa’ sang buku sudah mulai diperlukan, tangan kanan perlahan-lahan menggapai kedalam           laci sementara tangan kiri harus tetap diatas meja dan terlihat sedikit sibuk(misalnya pijet-pijet                 dagu, balik kertas ujian, apa enggak sok-sok nulis jawaban(khusus yang kidal)) untuk sedikit                ‘menutupi’ perbuatan tangan kanan kita .
3.        Kalau buku sudah dalam keadaan siap untuk dilihat, kedua tangan sebaiknya dalam keadaan                    terlipat tepat diatas laci. Mata perlahan-lahan digeser kearah buku. Ingat! Kepala jangan terlalu                berubah posisi, cukup mata yang mendelik sedikit kebawah.
4.       Kalau pengawas terlihat mendekat atau keadaan sudah tidak terlalu aman atau jasa sang buku                   sudah tak diperlukan lagi. Perlahan-lahan dorong sang buku sedalam mungkin dengan                           menggunakan perut supaya tidak menimbulkan curiga dari pihak manapun

Mencontek Cara Kerjasama
untuk melakukan ‘mencontek metode kerjasama’, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
1.       Mempunyai partner yang kira-kira bisa dibuat dimintakan jawaban dan jawabannya itu benar (alias           orang pintar)
2.       Posisi duduknya strategis dari tempat kamu dan kira-kira bakal enak dan gampang buat ngeliatnya
3.       Kerjasama ini bisa dilakukan dengan cara ngeliat jawaban langsung dari kertas teman (apabila                 posisi memungkinkan), dan atau minta jawaban dengan kode-kodean tertentu.

Contoh kode yang bisa dipakai saat mencontek :
·         Kode A dilambangkan dengan memegang-megang jidat
·         Kode B dengan mengaruk-garuk hidung
·         Kode C dengan memegang-megang kuping
·         Kode D dengan megang dagu, sambil pura-pura lagi liat keatas

PENTING : Kode yang akan dipergunakan harus disepakati terlebih dahulu dan dikuasai oleh dua belah pihak atau lebih. Jangan sampai salah, karena akan fatal akibatnya. Hal ini sangat berpengaruh bagi kesuksesan mencontek. Soalnya guru itu manusia juga, dia tidak bisa melihat ke segala arah pada waktu yang bersamaan. Jadi kamu bisa piker-pikir posisi atau kapan pada saat yang mana tepat buat kamu, supaya benar menconteknya.

Buat Renungan Atau Pemikiran
          Setelah melihat cara-cara diatas ini memang terlihat ampuh dan kamu bisa mendapat nilai bagus. Tapi apalah arti sebuah nilai yang dituliskan diatas kertas kalau nilai sesungguhnya yang seharusnya tertulis diotak kamu tidak ada sama sekali? (bingung ya? Intinya kalo kamu dapet nilai bagus tapi otak tetep bodoh ya sama saja bohong), buat apa belajar selama 3 tahun kalo gak ada yang nyangkut satupun diotak kamu? :)





sumber: Malesbanget.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »