Contoh Proposal Usaha

                   Ketika anda ingin membuka usaha pasti pemikiran awal adalah modal, baik modal awal maupun modal akhir. Tak dapat dipungkiri lagi modal merupakan faktor pendorong ketika ingin membuka usaha. Meskipun bukan yang utama namun modal bisa jadi kekuatan untuk mendongkrak bisnis anda.


                   Jika anda ingin mencari modal namun terkendala dengan peraturan dari bank yang ketat atau anda tidak ingin menggunakan kartu kredit, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara menjalin kerjasama dengan investor. Namun dalam menjalin kerjasama dengan investor anda perlu mempersiapkan proposal untuk mencari modal dengan cara investasi.
                  Kendati demikian ada beberapa kendala yaitu ketidaktahuan cara membuat proposal yang baik dan benar. Banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuat proposal dengan baik dan benar. 
                 Untuk itulah dalam artikel ini saya akan memberikan contoh proposal usaha yang baik dan benar

Berikut contoh proposal usaha
      1. BAB Pendahuluan
          Bab pendahuluan adalah bab awal dalam perkenalan dimana anda membuat latar belakang usaha anda, visi dan misi dan gambaran mengenai usaha yang ingin anda jalankan lalu menguraikan keadaan pasar di bidang usaha anda.

       2. Profil Usaha
          Jelaskan tentang jenis usaha yang ingin anda jalankan secara singkat. Anda bisa menjelaskannya dalam bentuk tulisan dan ditulis dengan kertas formal. Kertas formal biasanya kertas dalam bentuk folio atau diketik di computer lalu sebutkan model bisnisnya seperti nama perusahaan yang ingin dijadikan brand supaya konsumen mengetahui jenis usaha anda dan pemilihan lokasi yang strategis adalah tempat yang bagus dalam membuat usaha. Berikan juga denah lokasi serta alamat jelas ya.
   
       3. Struktur Organisasi
          Setiap perusahaan memerlukan struktur organisasi yang jelas dan memliki sitem entah anda berdiri sendiri atau memiliki partner dalam \membuat usaha nantinya. Maka jelaskanlah secara detail struktur organisasi anda di proposal usaha anda seperti contoh siapa komisarisnya, manager, karyawan, akunting dan lain lainnya.

       4. Produk Perusahaan
          Untuk penulisan  awal dalam membuat proposal tulislah jenis produk anda apa yang ingin anda produksi dalam menjalankan bisnis lalu pembuatan produk dan keunggulan produk anda. Sebutkan keunggulan produk anda tentunya produk anda diterima di masyarakat dan mempunyai nilai plus.

      5. Target Pasar
          Jelaskan target pasar anda, umur dan kalangan mana serta daerah yang anda target. Dalam target pasar ini anda wajib memberikan uraian dan kriteria produk yang anda jual untuk kalangan menengah keatas atau menengah kebawah.



       6.  Promosi dan Pemasaran
           Pada BAB ini anda bias menjelaskan tentang strategi pemasaran dengan cara melakukan promosi dan pemasaran. Strategi pemasaran bias berbentuk kartu nama, brosur, Poster atau spanduk. Untuk via online anda bias memasarkannya lewat website, blog, facebook, twitter atau market place lainnya.

       7.  Laporan Keuangan
           Alokasikan dana anda untuk modal awal, modal masuk dan modal operasional. Ini sangat penting untuk perhitungan anda. Serta buatlah perhitungan laba dan rugi secara logis dan realistis mengenai keuangan anda. Setelah semuanya sudah anda hitung, anda bias membuat perhitungan bagi hasil yang telah anda sepakati kepada investor.

      8. Penutup
           Penutup berisi kata-kata terakhir untuk meyakinkan investor anda, membuat hati sang investor agar tertarik. Jangan lupa berdoa dan harapan supaya proposal anda bisa diterima, ucapkan pula terima kasih atas waktunya bias mambaca proposal anda.

       9.   Lampiran
            Tulislah biodata pemilik usaha, surat perjanjian, surat ijin usaha, sertifikat usaha atau kepelatihan secara jelas.

     10.  Syarat pengetikan
             Buatlah ukuran tulisan 12 pt, spasi 1,5, cover mika dan kertas A4 agar penulisannya lebih tertata rapi dan jelas dalam membuat proposal anda

Demikianlah contoh proposal usaha yang bisan anda buat, terima kasih sudah mengunjung artikel kami semoga bermanfaat dan sukses untuk usaha anda J



Artikel Terkait

Previous
Next Post »