Cara Berjualan Online Dengan Menggunakan Website

           

            Jika kita seorang pedagang pasti kita membutuhkan tempat untuk berjualan, Jika kita karyawan maka kita mempunyai kantor untuk bekerja. Sama seperti pengusaha juga butuh ruang usaha untuk berjualannya.
             Lalu bagaimana dengan jualan online?  Dimana tempatnya?  Bagaimana caranya? Solusinya adalah dengan cara membuat website. Website berfungsi sebagai tempat pusat bisnis anda.  Jika anda belum mempunyai website maka usahakan secepatnya membuatnya. 
            Berikut tips cara berjualan online dengan website

1. Posting Jika Ada Produk Terbaru
Website sebagai katalog produk maka usahakanlah posting setiap ada produk terbaru anda seperti
judul yang berisi nama produk, deskripsi produk, gambar produk dan keterangan dari suatu produk anda

2. Isi Website Anda Dengan Konten Yang Terkait Dengan Bisnis Produk Anda
Google akan mencari apa yang anda tulis jika ada kata kata yang sama di kolom search. Jangan lupa buatlah konten yang berisi hal – hal umum seperti motivasi, keuangan dll, bentuk konten terdiri dari tulisan, gambar, audio, dan video

3. Posting Testimony Costumer ke Dalam Website
Hal terpenting dalam berjualan online adalah TRUST atau kepercayaan pembeli terhadap penjualnya. Terlebih lagi dengan orang Indonesia yang rata-rata harus ‘sreg’ dulu baru beli. Sreg adalah tanda bahwa calon pembeli percaya pada penjualnya
Bagaimana cara mendapatkan testimony dari pembeli? caranya yaitu :
1           Setelah anda yakin barang sudah diterima dan dikonsumsi pembeli, Tanyakan lewat sms/bbm/wa atau sarana social media lainnya tentang pendapat mereka dengan produk tersebut.

2       Bujuk pembeli untuk menyampaikan testimony, dengan memberikan benefit langsung kepada mereka. Anda bisa selipkan secarik kertas didalam paket bertuliskan:
“Voucher diskon 5% dipembelanjaan berikutnya untuk yang memberikan testimonial”
Dan promo sejenis.


4. Ubah Tampilan Website Setiap 6 Bulan Sekali
Saat apa anda mulai merasa Bosan? Apakah ketika melihat hal yang sama terus menerus tidak membuat anda merasa bosan? :D. Perhatikan bagaimana Google setiap harinya memberi dekorasi pada logonya. Hal kecil namun efektif untuk memecah kebosanan sekaligus memberi kesan penasaran dengan apa yang dilakukan Google di kemudian hari.
Jangan ubah letak organisasi website, karena itu akan menyulitkan calon pembeli yang mungkin sudah terbiasa dengan tampilan website anda. Namun, ubahlah hal-hal kecil seperti: header logo, background, warna teks, dan bentuk huruf.

5.  Amankan domain .com Anda setiap tahunnya
Untuk yang belum mengetahui, pasti Anda bertanya-tanya tentang ‘Apa itu Domain?’ Ketika anda menuliskan ‘www.frianfreak.com’ di kolom website pada browser, Anda sedang menuliskan domain Blog milik Frian Ramdan Firdaus. Domain mewakili identitas bisnis online anda. Domain penting untuk mempromosikan toko online anda. Domain memudahkan pengguna internet untuk berbelanja di toko online anda. Domain disewakan minimal 1 tahun. Nilai sewanya berkisar 100-130 ribu pertahun. Anda harus memperpanjang sewa domain jika tidak domain anda tersebut anak disewakan pihak lain.

6. Cantumkan link website (Domain) Anda dimanapun
Biasakan menuliskan Link website anda dimanapun. Beberapa tempat yang cocok untuk meletakkan link website anda : Pada signature email, Kolom website pada social media, Pada kartu nama, Pada setiap komen yang anda tuliskan di artikel blog yang anda baca,  Dikertas alamat yang ditempel pada paket pelanggan toko online anda.


Menuliskan Link website sebanyak mungkin orang baca akan membuat kemungkinan toko online anda menjadi lebih banyak dikunjungi. Ini berpengaruh pada ranking anda di mesin pencari (Google)




Artikel Terkait

Previous
Next Post »