Gerhana Tersingkat Abad ini adalah Gerhana di bulan April 2015

              NASA menyebutkan bahwa gerhana bulan yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 4 April 2015 adalah gerhana yang berlangsung sangat singkat yaitu hanya berlangsung sekitar 5 menit saja. Disebut gerhana bulan karna bayangan bumi benar - benar memblok bulan.

              Bagi sebagian banyak orang seperti di negara eropa khususnya Amerika Serikat, Kanada, Australia mereka menyebut gerhana bulan pada sabtu lalu sebagai bulan darah. gerhana tersebut yang ketiga dalam serangkaian empat bulan darah, yang terakhir diharapkan berlangsung pada 28 september mendatang yang akan terlihat di eropa.

              Tempat yang terbaik untuk melihat gerhana bulan di amerika adalah di sungai Mississipi, yang mana penonton bisa melihat gerhana full selama 5 menit . Sedangkan pengamat di Midwest dan pantai timur hanya menangkap sebagian dari terjadinya gerhana bulan. gerhana juga bisa dilihat dari Indonesia, Jepang dan Selandia Baru

di Jepang mereka memfoto gerhana bulan darah diatas bunga sakura seperti ini


foto ini diambil di Distrik Miyagi kota Shiraishi, Timur laut Jepang pada hari sabtu 4 april 2015

                Mengapa disebut bulan darah? karna gerhana bulan tersebut berwarna orange atau m
erah dari bulan yang merupakan hasil hamburan sinar matahari oleh atmosfer bumi. bulan tampak merah gelap, tembaga, perunggu atau warna gelap tergantung beberapa faktor seperti jumlah abu vulkanik di atmosfer


Blood moon 4 April 2015 di New Zealand

gerhana bulan yang terjadi pada hari sabtu yang berlangsung selama 5 menit merupakan gerhana yang terpendek sejak tahun 1592. Untuk melihat gerhana bulan agar lebih jelas diperlukan sebuah teropong atau teleskop halaman belakang yang dapat meningkatkan pandangan anda.

berikut video yang diunggah dari situs youtube yang dibuat oleh griffith observatory berlangsung selama 1 menit lebih



video penampakan gerhana bulan


Artikel Terkait

Previous
Next Post »