Cara Berjualan Online Dengan Menggunakan BBM


          Tadinya, Blackberry mungkin sudah hampir mendekati ajal. Tapi ternyata tidak. Aplikasi chat-nya yang bernama Blackberry Messenger alias BBM, kembali melejit seperti sekarang ini karna sekarang aplikasi Blackberry Massenger (BBM) bisa diinstal di Android maupun iOS. 
         Sebuah survey mengatakan bahwa transaksi online terbanyak di Indonesia justru dilakukan melalui Messenger ketimbang melalui social media, forum, ataupun website. Dan mayoritas menggunakan BBM. Kini setelah hampir semua handphone menggunakan aplikasi BBM, transaksi online bisa diramalkan semakin membludak.
       Dikarenakan orang Indonesia baru akan belanja jika mereka benar-benar sreg dan percaya pada penjualnya. Dan bercakap di BBM meyakinkan bahwa si penjual memang ada, ditambah lagi dengan kebiasaan calon pembeli untuk menawar harga yang sulit dilakukan dimedia social.
Berikut adalah Cara berjualan online Menggunakan BBM
1.      Ganti Personal Message dan Profile Picture Setiap Melihat Recent Updates
Status dan Profile Picture adalah tempat anda berpromosi melalui BBM. Berapa kali anda lihat Recent Updates? Cukup sering bukan. Begitu juga dengan pengguna lainnya. Melihat Recent Updates jadi kebiasaan pengguna BBM.
Personal Message seringkali terpotong  jika kalimatnya terlalu panjang. Maka buatlah pesan dengan seefektif, singkat, padat dan jelas mungkin supaya pembeli mudah untuk mengerti dan memahami ini dari Personal Message anda.

Syarat status menarik, yaitu membuat calon pembeli PENASARAN. Mau tau caranya? Inilah beberapa car jitunya
-            Awali dengan pertanyaan langsung ke pembaca.
tau gak Sis, kalo gambar di pp aku itu…”
“pernah ngalamin kayak aku gak,…”
Pilih mana gan,..”
-            Pesan paradoks
jangan lihat PP aku, please”
“PPnya biasa aja, gak usah diintip”
“di PP itu Best Seller sih, tapi jangan dibeli deh”
-          Limited Edition
“cuman ada 1 stock, siapa cepat dia dapat”
“cek PP. terakhir hari ini, besok gak diulang lagi promonya lho!”
“gak restock lagi. Best Seller dan banyak yang cari”

2.      Simpan Autotext penting untuk memunculkan jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan
Kerap kali beberapa pertanyaan yang dating adalah pertanyaan yang pernah ditanyakan. Mau gak mau anda harus menjawabnya. Nah! Disini peran autotext. Dengan mengetikkan satu keyword, akan otomatis tertulis jawaban yang harus dijawab.
Beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan :
·        Produknya apa saja?
·        Cara ordernya bagaimana?
·        Bagaimana jika ingin menjadi best reseller?
·        Minta nomer rekening?
·        Kirim darimana dan menggunakan kurir apa?
·        Kapan sampai barangnya?
·        Harga barangnya berapa?
Silahkan buat template jawabannya dan efisiensikan cara kerja anda

3.      Ramah Dengan Smile Emoticons
Jika berhadapan langsung dengan costumer, rasanya berat sekali untuk selalu tersenyum ramah dalam kondisi apapun. Tapi di Online Shop, penjual bisa lakukan itu, cukup dengan emoticons Smile diakhir kalimat J
Contoh:
-          Silahkan kakak pilih aja, mumpung lagi diskon hari ini J
-          Kakak kok nawar terus, saya mulai kesel nih J
-          Makasih kak J
Ramah sekali kan? J
Sebagai tambahan, hindari penggunaan tanda seru (!) dan huruf capital (CAPS LOCK) karena itu akan memberikan kesan penekanan dan cenderung ketus.
4.      Memanfaatkan Memopad
Kesalahan umum yang dilakukan oleh pengusaha dan owner online shop adalah minimnya pencatatan. Seringkali profit tidak dirasakan karena tidak adanya pencatatan yang jelas tentang masuk keluarnya uang.
Alasan yang sering disebutkan yaitu malas dan lupa karena harus menulis dibuku atau computer yang jarang dipegang. Memopad adalah aplikasi pencatat di Blackberry yang bisa membantu online shop untuk mencatat hal-hal penting.
Beberapa catatan yang bisa disimpan di Memopad antara lain :
-          Data ongkos kirim kesetiap kota
-          Catatan penerimaan dan pengeluaran (cashflow)
-          Catatan sementara pelanggan (sebelum akhirnya dipindahkan ke file terpisah seperti : Ms. Excel)
-          Catatan stok harian
-          Catatan perencanaan dan aktiitas harian

5.      Kelompokkan Kontak BBM sesuai kategori
-          Ada kontak baru yang hobinya cuma nanya-nanya, masukkan ke kontak kategori : Tanya-tanya
-          Ada kontak yang baru sekali membeli produk anda, masukkan ke kontak kategori : Buyer / Pembeli
-          Ada kontak yang terhitung sering membeli produk anda, masukkan ke kontak kategori : Langganan
-          Ada kontak yang berpotensi menjadi dropshipper dan reseller, masukkan ke kontak kategori : Prospek
Diatas merupakan contoh-contoh pengelompokkan kontak berdasarkan ketertarikkan terhadap produk anda. Anda bisa mendefinisikan sendiri sesuai kebutuhan.

6.      Teknik Broadcast Message
Pertanyaan pertama, berapa kali dalam sehari anda mendapatkan pesan BM (Boardcast Message)?
Pertanyaan kedua, berapa jumlah BM yang anda baca dari semua BM yang masuk ke BBM anda?
Nyatanya sebagian besar dari kita akan melewatkan sebagian besar ‘pesan ungu’ yang membosankan itu dengan ‘endchat’
Bebrapa hal yang menyebabkan BM anda tidak dibaca :
-          Waktu pengiriman BM di jam sibuk, sehingga orang-orang tidak fokus baca
-          BM membosankan. Berawal dari kalimat pertama dan tidak menarik
-          Terlalu sering mengirim BM dengan konten yang itu-itu saja
Lantas, apakah BM masih bisa menjadi pesan yang efektif? Bisa. Lakukan beberapa tips berikut
1.      Bangkitkan rasa penasaran pembaca
Intinya ada dikalimat pertama dan terakhir. Kedua kalimat tersebut harus menciptakan rasa penasaran sehingga pembaca mau membaca semua pesannya.
Kalimat apa yang disebut menarik? Yaitu kalimat yang mengundang rasa PENASARAN. Rasa penasaran muncul karena menyentuh sisi ego pembaca.
Contoh:
- Saya pun tidak percaya ketika membaca ini!
- Inilah mengapa dress ini jadi trend an laris manis dalam sehari
- Sulit sekali rasanya tanpa membaca ini
- Ini promo yang tidak akan terulang lagi
- Jika anda sibuk, silakan abaikan pesan ini, tapi jangan menyesal J

2.      Kirimkan BM diwaktu terbaik
Sebagus-bagusnya script BM jika dikirimkan di waktu yang salah juga akan percuma. Kecenderungan untuk mengabaikan BM lebih besar ketika dilakukan di jam sibuk.
Bersadarkan pengalaman, jam sibuk yang dimaksud antara lain :
·        Jam 7-12 siang
·        Jam 13-17 sore
·        Jam 18-21 malam
Manfaatkan waktu disaat mereka sedang minim aktivitas, dan siap menerima masukan, terutama BM yang anda kirim.


7.      Undang ke Grup Hanya Untuk Kalangan Terbatas
Sering kali teman-teman di Twitter mengeluhkan, bahwa grup BBM hanya dijadikan ajang untuk menawarkan produk masing-masing dan ‘mencuri’ member.
Hal itu terjadi karena anda membiarkan grup diakses bebas untuk siapapun yang ingin masuk. Padahal grup BBM terbatas 30 orang. Sudah seharusnya anda membuat akses grup hanya untuk orang-orang tertentu.
Misalnya, jadikan grup sebagai wadah ekslusif untuk pelanggan loyal yang sudah beberapa kali berbelanja di online shop anda. Jangan lupa, tawarkan benefit yang membuat mereka ingin diundang ke grup, seperti mendapatkan update produk terbaru untuk pertama kali, berhak atas diskon grup selama masih menjadi anggota grup, mendapat promo-promo ekslusif yang hanya bisa didapatkan member grup, dll.




Semoga artikel ini bermanfaat dan segera mendapat hasil yang maksimal untuk pembaca sekalian. Ditunggu hasilnya nanti ^_^ hehehe

Artikel Terkait

Previous
Next Post »