Tadinya, Blackberry mungkin sudah
hampir mendekati ajal. Tapi ternyata tidak. Aplikasi chat-nya yang bernama
Blackberry Messenger alias BBM, kembali melejit seperti sekarang ini karna
sekarang aplikasi Blackberry Massenger (BBM) bisa diinstal di Android maupun
iOS.
Sebuah survey mengatakan bahwa
transaksi online terbanyak di Indonesia justru dilakukan melalui Messenger
ketimbang melalui social media, forum, ataupun website. Dan mayoritas
menggunakan BBM. Kini setelah hampir semua handphone menggunakan aplikasi BBM,
transaksi online bisa diramalkan semakin membludak.
Dikarenakan orang Indonesia baru akan
belanja jika mereka benar-benar sreg dan percaya pada penjualnya. Dan bercakap
di BBM meyakinkan bahwa si penjual memang ada, ditambah lagi dengan kebiasaan
calon pembeli untuk menawar harga yang sulit dilakukan dimedia social.
Berikut
adalah Cara berjualan online Menggunakan BBM
1.
Ganti Personal Message dan Profile
Picture Setiap Melihat Recent Updates
Status dan Profile Picture adalah tempat anda berpromosi melalui BBM.
Berapa kali anda lihat Recent Updates? Cukup sering bukan. Begitu juga dengan
pengguna lainnya. Melihat Recent Updates jadi kebiasaan pengguna BBM.
Personal Message seringkali terpotong
jika kalimatnya terlalu panjang. Maka buatlah pesan dengan seefektif,
singkat, padat dan jelas mungkin supaya pembeli mudah untuk mengerti dan
memahami ini dari Personal Message anda.
Syarat status menarik, yaitu membuat calon pembeli PENASARAN. Mau tau
caranya? Inilah beberapa car jitunya
-
Awali dengan pertanyaan langsung ke pembaca.
“tau gak Sis, kalo gambar di pp aku itu…”
“pernah ngalamin kayak aku gak,…”
Pilih mana gan,..”
-
Pesan paradoks
“jangan lihat PP aku, please”
“PPnya biasa aja, gak usah diintip”
“di PP itu Best Seller sih, tapi jangan dibeli deh”
-
Limited
Edition
“cuman ada 1 stock, siapa cepat dia dapat”
“cek PP. terakhir hari ini, besok gak diulang lagi promonya
lho!”
“gak restock lagi. Best Seller dan banyak yang cari”
2.
Simpan Autotext penting untuk
memunculkan jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan
Kerap kali beberapa pertanyaan yang dating adalah pertanyaan yang pernah
ditanyakan. Mau gak mau anda harus menjawabnya. Nah! Disini peran autotext.
Dengan mengetikkan satu keyword, akan otomatis tertulis jawaban yang harus
dijawab.
Beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan :
·
Produknya
apa saja?
·
Cara
ordernya bagaimana?
·
Bagaimana
jika ingin menjadi best reseller?
·
Minta
nomer rekening?
·
Kirim
darimana dan menggunakan kurir apa?
·
Kapan
sampai barangnya?
·
Harga
barangnya berapa?
Silahkan buat template jawabannya dan efisiensikan cara kerja
anda
3.
Ramah Dengan Smile Emoticons
Jika berhadapan langsung dengan costumer, rasanya berat sekali untuk
selalu tersenyum ramah dalam kondisi apapun. Tapi di Online Shop, penjual bisa
lakukan itu, cukup dengan emoticons Smile diakhir kalimat J
Contoh:
-
Silahkan
kakak pilih aja, mumpung lagi diskon hari ini J
-
Kakak
kok nawar terus, saya mulai kesel nih J
-
Makasih
kak J
Ramah sekali kan? J
Sebagai tambahan, hindari penggunaan tanda seru (!) dan huruf
capital (CAPS LOCK) karena itu akan memberikan kesan penekanan dan cenderung
ketus.
4.
Memanfaatkan Memopad
Kesalahan umum yang dilakukan oleh pengusaha dan owner online shop adalah
minimnya pencatatan. Seringkali profit tidak dirasakan karena tidak adanya
pencatatan yang jelas tentang masuk keluarnya uang.
Alasan yang sering disebutkan yaitu malas dan lupa karena harus menulis
dibuku atau computer yang jarang dipegang. Memopad adalah aplikasi pencatat di
Blackberry yang bisa membantu online shop untuk mencatat hal-hal penting.
Beberapa catatan yang bisa disimpan di Memopad antara lain :
-
Data
ongkos kirim kesetiap kota
-
Catatan
penerimaan dan pengeluaran (cashflow)
-
Catatan
sementara pelanggan (sebelum akhirnya dipindahkan ke file terpisah seperti :
Ms. Excel)
-
Catatan
stok harian
-
Catatan
perencanaan dan aktiitas harian
5.
Kelompokkan Kontak BBM sesuai
kategori
-
Ada
kontak baru yang hobinya cuma nanya-nanya, masukkan ke kontak kategori :
Tanya-tanya
-
Ada
kontak yang baru sekali membeli produk anda, masukkan ke kontak kategori :
Buyer / Pembeli
-
Ada
kontak yang terhitung sering membeli produk anda, masukkan ke kontak kategori :
Langganan
-
Ada
kontak yang berpotensi menjadi dropshipper dan reseller, masukkan ke kontak
kategori : Prospek
Diatas merupakan contoh-contoh pengelompokkan kontak
berdasarkan ketertarikkan terhadap produk anda. Anda bisa mendefinisikan
sendiri sesuai kebutuhan.
6.
Teknik Broadcast Message
Pertanyaan pertama, berapa kali dalam sehari anda mendapatkan pesan BM
(Boardcast Message)?
Pertanyaan kedua, berapa jumlah BM yang anda baca dari semua BM yang
masuk ke BBM anda?
Nyatanya sebagian besar dari kita akan melewatkan sebagian besar ‘pesan
ungu’ yang membosankan itu dengan ‘endchat’
Bebrapa hal yang menyebabkan BM anda tidak dibaca :
-
Waktu
pengiriman BM di jam sibuk, sehingga orang-orang tidak fokus baca
-
BM
membosankan. Berawal dari kalimat pertama dan tidak menarik
-
Terlalu
sering mengirim BM dengan konten yang itu-itu saja
Lantas, apakah BM masih bisa menjadi pesan yang efektif?
Bisa. Lakukan beberapa tips berikut
1. Bangkitkan rasa penasaran pembaca
Intinya ada dikalimat pertama dan terakhir. Kedua kalimat
tersebut harus menciptakan rasa penasaran sehingga pembaca mau membaca semua
pesannya.
Kalimat apa yang disebut menarik? Yaitu kalimat yang
mengundang rasa PENASARAN. Rasa penasaran muncul karena menyentuh sisi ego
pembaca.
Contoh:
- Saya pun tidak percaya ketika membaca ini!
- Inilah mengapa dress ini jadi trend an laris manis dalam
sehari
- Sulit sekali rasanya tanpa membaca ini
- Ini promo yang tidak akan terulang lagi
- Jika anda sibuk, silakan abaikan pesan ini, tapi jangan
menyesal J
2. Kirimkan BM diwaktu terbaik
Sebagus-bagusnya script
BM jika dikirimkan di waktu yang salah juga akan percuma. Kecenderungan untuk
mengabaikan BM lebih besar ketika dilakukan di jam sibuk.
Bersadarkan pengalaman,
jam sibuk yang dimaksud antara lain :
·
Jam
7-12 siang
·
Jam
13-17 sore
·
Jam
18-21 malam
Manfaatkan waktu disaat mereka sedang minim aktivitas, dan
siap menerima masukan, terutama BM yang anda kirim.
7.
Undang ke Grup Hanya Untuk Kalangan Terbatas
Sering kali teman-teman di Twitter mengeluhkan, bahwa grup BBM hanya
dijadikan ajang untuk menawarkan produk masing-masing dan ‘mencuri’ member.
Hal itu terjadi karena anda membiarkan grup diakses bebas untuk siapapun
yang ingin masuk. Padahal grup BBM terbatas 30 orang. Sudah seharusnya anda
membuat akses grup hanya untuk orang-orang tertentu.
Misalnya, jadikan grup sebagai wadah ekslusif untuk pelanggan loyal yang
sudah beberapa kali berbelanja di online shop anda. Jangan lupa, tawarkan
benefit yang membuat mereka ingin diundang ke grup, seperti mendapatkan update
produk terbaru untuk pertama kali, berhak atas diskon grup selama masih menjadi
anggota grup, mendapat promo-promo ekslusif yang hanya bisa didapatkan member
grup, dll.
Semoga
artikel ini bermanfaat dan segera mendapat hasil yang maksimal untuk pembaca
sekalian. Ditunggu hasilnya nanti ^_^ hehehe