Frianfreak.com - Waktu adalah pintu menuju kesuksesan. Siapa saja yang mampu mengisi waktu dan mengambil momentum
yang tepat di antara penggalan masa, maka ia telah meraih kunci kesuksesan.
Salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana anda mengatur waktu dengan efektif
dan produktif.
Waktu merupakan hal yang berharga dalam hidup. Namun anda tidak menyadarinya. Anda selalu merasa
sibuk sehingga waktu yang ada terbuang dengan percuma. Jika anda berniat
mempunyai bisnis sampingan diluar pekerjaan kantor, anda harus cermat dan
pandai membagi waktu karena waktu adalah uang. Jika anda bisa menggunakan waktu
dengan sebaik-baiknya, harapan untuk tercapainya kehidupan yang lebih baik akan
segera terbentang di depan mata anda.
Menurut Satria Hadi Lubis dalam bukunya, Breaking The Times,
di sekitar anda ada empat macam orang seperti berikut:
1. Orang yang tidak tahu tujuan hidupnya
2. Orang yang tahu tujuan hidupnya tapi tidak tahu bagaimana
mencapainya
3. Orang yang tahu tujuan hidupnya dan tahu bagaimana cara
mencapainya
4. Orang yang tahu tujuan hidupnya yang benar dan tahu
bagaimana cara mencapainya
Termasuk yang manakah anda? Di kelompok manapun, anda tetap
membutuhkan keterampilan mengatur waktu. Namun sayangnya, keterampilan waktu
selalu dianggap sepele karena banyak orang beranggapan pengaturan waktu dapat
berjalan sendiri melalui pengalaman hidup sehingga tidak perlu di pelajari.
Anggapan tersebut sangat keliru, karena keterampilan waktu dapat dipelajari
yaitu kuncinya adalah kemauan.
Berikut ini adalah cara mengatur waktu dalam kehidupan
sehari-hari anda
1. Buatlah Agenda Pekerjaan
yang harus anda lakukan setiap harinya baik itu pekerjaan
kantor maupun pekerjaan bisnis anda. Biasakan membuat catatan kecil di malam
hari untuk menuliskan pekerjaan yang harus anda lakukan besok harinya. Lalu
simpanlan catatan tersebut di tempat yang mudah terlihat sehinggan anda tidak
lupa misalnya tempet di laptop anda atau cermin anda
2. Jangan Melupakan Jadwal Yang Sudah Anda Buat
Begitu anda bangun tidur, periksa kembali jadwal anda jangan
sampai melupakan janji penting dengan relasi atau kolega anda
3. Manfaatkan Teknologi
Yang Anda
Jika smartphone anda mempunyai fasilitas seperti notepad
atau catatan penting, manfaatkanlah dengan menuliskan agenda disana dan tandai
dengan alarm. Saat membuat agenda, jangan lupa untuk mengecek janji anda dengan relasi. Jangan sampai ada
janji yang terlewatkan atau bentrok
4. Patuhilah Jadwal Yang Sudah Anda Buat
Jangan sekali-kali mengabaikannya atau menggantinya kecuali
jika ada hal yang penting dan sangat mendesak. Jika hal tersebut terjadi, anda
bisa menggeser jadwal yang tidak terlalu penting. Namun yang prioritas harus
tetap di utamakan
5. Manfaatkan Waktu Istirahat Anda Sebaik Mungkin
Gunakanlah waktu istirahat anda sebaik mungkin dan
secukupnya. Jangan sampai waktu istirahat anda berkurang. Jika waktu istirahat
anda berkurang akan menyebabkan badan anda lemah dan tidak semangat dalam
menjalankan aktifitas. Dengan istirahat yang cukup, anda akan mendapatkan
ide-ide baru yang akan membuat kemajuan di masa depan
6. Jangan Menunda Pekerjaan
Janganlah menunda pekerjaan yang sudah anda buat. Karena akan kehilangan waktu
untuk melakukan pekerjaan yang lain. Menumpuk pekerjaan tidak berarti akan
mempermudah pekerjaannya. Bisa jadi konsentrasi anda akan buyar karena banyak
hal yang harus dikerjakan atau penyelesaian secara bersamaan
7. Biasakanlah Hidup Yang Rapi
Simpan barang yang telah anda gunakan di tempatnya semula
sehingga ketika membutuhkannya kembali anda tidak akan sulit mencarinya. Anda
tidak akan membuang waktu dengan percuma
8. Intropeksi Kesalahan atau Kesalahan Agenda
Evaluasi, mengapa kesalahn itu dapat terjadi dan cari
solusinya. Setelah itu tekadkan diri untuk tidak mengulang kesalah serupa.
Buatlah agenda yang realistis agar tidak menyulitkan anda sendiri
9. Jangan Menyalahkan Orang Lain
Jangan menyalahkan orang lain karena pelanggaran yang anda
buat. Anda sendiri yang membuat pelanggaran terhadap agenda anda sehingga
pekerjaan anda menjadi berantakan. Keberhasilan dan kehancuran karir anda
bergantung pada diri anda sendiri.