Cara Mengatur Waktu Dalam Kehidupan Sehari-hari Anda

Frianfreak.com - Waktu adalah pintu menuju kesuksesan. Siapa saja yang  mampu mengisi waktu dan mengambil momentum yang tepat di antara penggalan masa, maka ia telah meraih kunci kesuksesan. Salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana anda mengatur waktu dengan efektif dan produktif.
            Waktu merupakan hal yang berharga dalam hidup. Namun  anda tidak menyadarinya. Anda selalu merasa sibuk sehingga waktu yang ada terbuang dengan percuma. Jika anda berniat mempunyai bisnis sampingan diluar pekerjaan kantor, anda harus cermat dan pandai membagi waktu karena waktu adalah uang. Jika anda bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, harapan untuk tercapainya kehidupan yang lebih baik akan segera terbentang di depan mata anda.

Menurut Satria Hadi Lubis dalam bukunya, Breaking The Times, di sekitar anda ada empat macam orang seperti berikut:
1. Orang yang tidak tahu tujuan hidupnya
2. Orang yang tahu tujuan hidupnya tapi tidak tahu bagaimana mencapainya
3. Orang yang tahu tujuan hidupnya dan tahu bagaimana cara mencapainya
4. Orang yang tahu tujuan hidupnya yang benar dan tahu bagaimana cara mencapainya

Termasuk yang manakah anda? Di kelompok manapun, anda tetap membutuhkan keterampilan mengatur waktu. Namun sayangnya, keterampilan waktu selalu dianggap sepele karena banyak orang beranggapan pengaturan waktu dapat berjalan sendiri melalui pengalaman hidup sehingga tidak perlu di pelajari. Anggapan tersebut sangat keliru, karena keterampilan waktu dapat dipelajari yaitu kuncinya adalah kemauan.
cara mengatur waktu

Berikut ini adalah cara mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari anda

1. Buatlah Agenda Pekerjaan
yang harus anda lakukan setiap harinya baik itu pekerjaan kantor maupun pekerjaan bisnis anda. Biasakan membuat catatan kecil di malam hari untuk menuliskan pekerjaan yang harus anda lakukan besok harinya. Lalu simpanlan catatan tersebut di tempat yang mudah terlihat sehinggan anda tidak lupa misalnya tempet di laptop anda atau cermin anda

2. Jangan Melupakan Jadwal Yang Sudah Anda Buat
Begitu anda bangun tidur, periksa kembali jadwal anda jangan sampai melupakan janji penting dengan relasi atau kolega anda

3. Manfaatkan Teknologi  Yang Anda
Jika smartphone anda mempunyai fasilitas seperti notepad atau catatan penting, manfaatkanlah dengan menuliskan agenda disana dan tandai dengan alarm. Saat membuat agenda, jangan lupa untuk mengecek  janji anda dengan relasi. Jangan sampai ada janji yang terlewatkan atau bentrok

4. Patuhilah Jadwal Yang Sudah Anda Buat
Jangan sekali-kali mengabaikannya atau menggantinya kecuali jika ada hal yang penting dan sangat mendesak. Jika hal tersebut terjadi, anda bisa menggeser jadwal yang tidak terlalu penting. Namun yang prioritas harus tetap di utamakan

5. Manfaatkan Waktu Istirahat Anda Sebaik Mungkin
Gunakanlah waktu istirahat anda sebaik mungkin dan secukupnya. Jangan sampai waktu istirahat anda berkurang. Jika waktu istirahat anda berkurang akan menyebabkan badan anda lemah dan tidak semangat dalam menjalankan aktifitas. Dengan istirahat yang cukup, anda akan mendapatkan ide-ide baru yang akan membuat kemajuan di masa depan

6. Jangan Menunda Pekerjaan
Janganlah menunda pekerjaan yang  sudah anda buat. Karena akan kehilangan waktu untuk melakukan pekerjaan yang lain. Menumpuk pekerjaan tidak berarti akan mempermudah pekerjaannya. Bisa jadi konsentrasi anda akan buyar karena banyak hal yang harus dikerjakan atau penyelesaian secara bersamaan

7. Biasakanlah Hidup Yang Rapi
Simpan barang yang telah anda gunakan di tempatnya semula sehingga ketika membutuhkannya kembali anda tidak akan sulit mencarinya. Anda tidak akan membuang waktu dengan percuma

8. Intropeksi Kesalahan atau Kesalahan Agenda
Evaluasi, mengapa kesalahn itu dapat terjadi dan cari solusinya. Setelah itu tekadkan diri untuk tidak mengulang kesalah serupa. Buatlah agenda yang realistis agar tidak menyulitkan anda sendiri

9. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Jangan menyalahkan orang lain karena pelanggaran yang anda buat. Anda sendiri yang membuat pelanggaran terhadap agenda anda sehingga pekerjaan anda menjadi berantakan. Keberhasilan dan kehancuran karir anda bergantung pada diri anda sendiri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »