Pemimpin Yang Baik Adalah Yang Bisa Melahirkan Orang-orang Sukses dan Pemimpin-pemimpin Lain.

Guru saya pernah berkata:
“Kalau ingin sukses, maka sukseskan orang lain.”
Pemimpin Yang Baik Adalah Yang Bisa Melahirkan Orang-orang Sukses dan Pemimpin-pemimpin Lain

Awalnya saya merasa perkataan itu tidak masuk akal, bagaimana mungkin?
Tapi, semakin bertambah umur dan menjalani beberapa bisnis, saya semakin sadar apa artinya.
Tidak ada bisnis yang sukses tanpa kepemimpinan atau leadership yang baik. Dan pemimpin yang baik adalah yang bisa melahirkan orang-orang sukses dan pemimpin-pemimpin lain.

Jika Anda menonton film kartun Avatar, disalah satu episodenya Anda akan melihat percakapan antara Putri Azula dengan salah satu panglima kerajaan Bumi, saya lupa persisnya percakapan seperti apa, namun disitu Putri Azula (anak Raja Api yang diktator dan jahat) berkata kira-kira seperti ini:
“Kamu menjadi pemimpin karena memperjuangkan jalanmu sampai disini, sedangkan aku, aku dilahirkan untuk menjadi pemimpin.”
Pemimpin Yang Baik Adalah Yang Bisa Melahirkan Orang-orang Sukses dan Pemimpin-pemimpin Lain.

Sambil memberikan tatapan jahat..
Saya tidak mendukung sepenuhnya perkataan Putri Azula, memang, beberapa orang memiliki bakat mempimpin lebih baik dari yang lain. Namun Putri Azula sendiri menurut saya DIBENTUK untuk menjadi pemimpin oleh ayahnya, Raja Api, sejak kecil.

Ayahnya, Raja Api Ozai, mengajarkan Azula kecil pengendalian api, dan setiap hari melihat ayahnya memimpin dengan tegas. Maka ia tumbuh besar, setiap hari, dengan melihat dan mempelajari ayahnya memimpin sebagai Raja.

Jikapun Anda tidak menonton film tersebut, intinya adalah Anda bisa mempersiapkan “panggung” untuk akhirnya menjadi tempat suksesnya orang lain. Mungkin Anda memiliki putri atau pangeran kecil juga yang ingin Anda sukseskan kelak. Atau mungkin Anda memiliki suami atau istri yang ingin Anda jadikan bintang yang bersinar untuk keluarga dan masyarakat.
Pemimpin Yang Baik Adalah Yang Bisa Melahirkan Orang-orang Sukses dan Pemimpin-pemimpin Lain.

Atau mungkin Anda adalah pebisnis yang ingin mensukseskan manager-manager bisnis dan karyawan Anda.
Atau Anda mungkin hanya ingin mensukseskan orang lain.
Atau mungkin Anda masih belum menemukan alasan kenapa Anda harus mensukseskan orang lain? Tahukah Anda:
  • Sebuah restoran yang banyak membantu orang lain terbukti lebih menguntungkan (Walz & Niehoff, Organizational Citizenship Behaviors: Their Relationship to Organizational Effectiveness.)
  • Sebuah perusahaan yang saling membantu mensukseskan sesama karyawan terbukti memiliki kinerja perusahaan yang lebih efektif (Podsakof, Whiting, & Blume, Individual- and organizational-level consequences of organizational citizenship behaviors: A meta-analysis.)
  • Dan banyak lagi riset-riset sejenis yang membuktikan bahwa kita akan sukses lebih cepat jika membantu kesuksesan orang lain.
Zig Ziglar juga pernah berkata:
“You can have everything in life you want, if you will just help other people get what they want.”
Atau kira-kira terjemahannya:
“Anda bisa mendapatkan semua yang Anda inginkan dalam hidup, jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam hidup mereka.”

dikutip oleh Fikry - Yuk Bisnis

Artikel Terkait

Previous
Next Post »